Adab Tidur Menurut Islam

Islam mengajarkan adanya adab di setiap kegiatannya yakni seperti makan, minum, mandi, bahkan tidur dan lain-lain. Hal ini untuk mendapatkan keutamaan dari kegiatan tersebut dimana dapat juga menjadi tambahan pahala. Selengkapnya bisa membaca di website dutadakwah.

Adab Tidur Menurut Agama Islam

Islam mengajarkan adab tidur yang dicontohkan melalui Rasulullah. Hal ini bertujuan untuk menggapai berbagai keutamaan dan manfaatnya selain sebagai pelepas penat setelah seharian beraktivitas. Berikut ini adalah informasi mengenai kegiatan tersebut:

  1. Berwudhu

Berwudhu tidak hanya diperlukan ketika hendak mengerjkan ibadah saja seperti shalat maupun membaca Al Quran. Namun, juga saat akan tidur di malam hari. Hal ini bertujuan untuk membersihkan diri dari najis ringan.

Umat muslim dianjurkan untuk berwudhu agar ketika tidur dalam keadaan suci serta dapat menghindarkan dari terjadinya mimpi buruk karena adanya gangguan setan. Selain itu, jika tidak terbangun lagi maka sudah dalam keadaan bersih pula.

  1. Berdoa

Berdoa merupakan salah satu amalan terbaik yang bisa dilakukan oleh umat muslim di segala kondisi. Tentu saja termasuk ketika hendak tidur karena saat tersebut bisa saja tercabutnya nyawa dan diganggu oleh setan sehingga harus meminta perlindungan dan ampunan.

Umat muslim sebaiknya melengkapi doanya membaca ta’awudz, ayat kursi, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Apabila memungkinkan juga dianjurkan melafalkan Al-Mulk. Bacaan-bacaan tersebut berfungsi sebagai permohonan perlindungan dan ampun ketika hendak tidur.

  1. Menghadap ke Arah Kanan

Salah satu adab tidur yang dapat dibaca di artikel dalam dutadakwah ialah menghadap ke kanan yakni memiringkan badannya. Hal ini tidak hanya sekedar anjuran semata namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bagi sebagian orang dengan kesehatan tertentu sangat dianjurkan untuk tidur pada satu bagian yakni kanan. Selain itu, dapat menghindarkan dari godaan dan gangguan setan saat tidur karena seringkali terjadi saat manusia terlelap.

Adab tersebut ialah ketika hendak tidur dimana saat bangun pun terdapat aturan lainnya. Hal ini tidak bertujuan untuk mengekang atau membatasi namun untuk membiasakan segala kegiatan dalam hidup ini dengan selalu mengingat Allah dan tidak berlebihan.

Untuk informasi lebih mengenai doa maupun bacaannya bisa mengunjungi situs dutadakwah di alamat dutadakwah.org.